Selasa, 01 Maret 2011

Sepatu Skateboard Kurangi Risiko Cedera

Menekuni hobi olahraga ekstrem seperti skateboard memang bagi sebagian orang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kita pun ketika melihat aksi mereka di atas skateboard juga mungkin iri bagaimana mereka bisa bergerak begitu lincah di atas sebuah papan yang diberi roda pada bagian bawahnya.
Risiko mengalami cedera ketika melakoni olahraga ekstrem jauh lebih besar ketimbang olahraga yang biasa. Maka dari itu para skater terlihat selalu memakai pelindung tubuh dan perlengkapan lainnya, bahkan yang sudah mencapai tahap profesional.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi risiko cedera saat bermain skateboard.
  • Kepala merupakan bagian vital manusia, maka lindungilah bagian tersebut dari risiko terbentur dan sebagainya dengan menggunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala.
  • Gunakan pelindung siku, lutut, dan sepatu skateboard yang pas ukurannya.
  • Pilih skateboard yang bermutu baik dan ukuran yang sesuai kemahiran. Bagi para pemula pilihlah yang berukuran pendek.
  • Jangan takut jatuh karena itu adalah hal yang lazim dialami skater, bahkan yang sudah tingkat pro juga tidak bisa menghindarinya.
  • Berlatih berbagai macam teknik dengan rutin agar lebih cepat mahir.
  • Periksa setiap bagian papan dan antisipasi untuk bagian-bagian yang longgar, retak, dan sebagainya. Pelajari pula bagaimana teknik merawat papan skate Anda
  • Hindari pemakaian skateboard di jalanan raya, jalan yang ramai, dan sebagainya karena jelas selain mengganggu pengguna jalan, juga membahayakan diri sendiri.
  • Lakukan peregangan sebelum mulai meluncur. Ingatlah bahwa skateboard termasuk olahraga sehingga otot-otot perlu diregangkan terlebih dahulu.
  • Bergabunglah dengan komunitas skater di lingkungan sekitar untuk bisa saling bertukar cerita.
Pada poin kedua disebutkan tentang sepatu skateboard sebagai salah satu bagian dari pelindung yang harus dikenakan seorang skater. Sebenarnya, sepatu skater hampir sama kok dengan sepatunya para pemain tenis.
Yang pasti lentur dan tidak membuat kaki sakit ketika digunakan. Pastikan sol sepatu skate Anda tebal hingga mampu meminimalisir potensi cedera. Beberapa mereka sepatu skater yang lazim digunakan bermerek DC Shoes, Vans, Fallen, Emerica, atau Adio.
Masing-masing sepatu disesuaikan dengan medan yang dilewati, apakah untuk yang daerah kering atau yang harus menginjak-injak lumpur. Ada pula yang dilengkapi memory foam pada bagian dalam yang berfungsi untuk menyesuaikan sepatu dengan kaki pemakainya.
Jadi, jangan sampai salah memilih sepatu skateboard Anda!
Artikel ini di kutip dari www.AnneAhira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar